Minggu, 21 Januari 2018

Kuil Kiiyomizu-dera objek wisata di Kyoto Kuno

Kiiyomizu-dera mungkin adalah kuil paling terkenal di Kyoto kuno, dengan lebih dari 3 juta pengunjung per tahun. Kuil ini dinamakan Kiyomizu-dera karena sebuah mata air ajaib memancar keluar di gunung Otowa dan mengalir kebawah air terjun Otowa. Mata air ini adalah tempat di mana pendiri Gyoei-koji dan Enchin-Shonin berlatih meditasi dengan duduk di bawah air terjun. Saat ini airnya dibagi menjadi tiga aliran yang terpisah.
Air setiap aliran ini dikatakan memiliki manfaat yang berbeda, "panjang umur", "kepuasan dalam cinta", dan "kemajuan akademis". Pengunjung disarankan untuk menyesap salah satu dari tiga air pada satu waktu. Jika Anda menyesap dua teguk, berkatnya akan dikurangi menjadi setengahnya. Jika Anda menyesap tiga teguk, berkat akan berkurang menjadi sepertiga. Jika Anda secara rakus minum lebih dari satu aliran air, Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun. Saran tersebut mencerminkan ajaran lama yaitu Anda tidak boleh serakah. Sebelum minum air sungai, Anda dianjurkan untuk rendah hati dan sujud (hormat) kepada Gyoei-koji yang diabadikan di belakang air terjun Otowa dan memurnikan tubuh dan jiwa Anda.
Hondo (Aula utama) lebih dikenal sebagai Kiyomizu-no-Butai (panggung Kiyomizu). Butai adalah bagian tengah dari transept Hondo, dibangun pada metode khusus di mana 139 pilar keyaki (Zelkova Jepang) dirakit tanpa menggunakan satu paku pun. Panggung Kiyomizu melambangkan keseriusan dalam membuat keinginan/harapan, seperti yang diungkapkan oleh idiom “melompat kebawah dari panggung Kiyomizu”. idiom ini kembali ke jenis agama rakyat pada periode Edo : Jika Anda menyerahkan hidup Anda di tangan Kannon dan melompat turun dari panggung, hidup Anda akan terselamatkan dan doa Anda akan dijawab. Dalam arti kontemporer, kalimat tersebut ditafsirkan sebagai "Beranilah untuk tantangan." Apakah anda percaya atau tidak Anda percaya akan agama rakyat, Anda memerlukan keberanian dan motivasi untuk melompat dari ketinggian tersebut.
Pada saat yang sama, pemandangan Kyoto dari panggung ini adalah luar biasa. Anda dapat menikmati pemandangan yang berubah-ubah pada 4 musim dari Kyoto Kuno ini. Anda juga disarankan untuk mengunjungi kuil ketika diterangi di malam hari untuk mendapatkan tampilan malam yang luar biasa. Karena pembukaan malam spesial dan jam buka berubah setiap tahun, Anda sebaiknya memeriksanya terlebih dahulu. Akses menuju kuil kiyomizudera Dapat ditempuh dengan 10 menit berjalan kaki dari halte bus kota (Biro transportasi Kyoto) 'Kiyomizu-michi', atau 10 menit berjalan kaki dari pemberhentian Bus Kyoto 'Higashiyama Gojo'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar